Gulai Udang Padang Ala Choco

Minggu, 16 November 2014
Resep gulai udang yang saya punya ini adalah resep warisan dari keluarga besar saya, karena ibu saya memiliki keturunan darah dari sumatera barat, sebagian besar santapan yang biasa dihidangkan oleh ibu saya di rumah adalah masakan padang tapi tidak menutup kemungkinan untuk kami menyantap kuliner sunda karena ayah saya adalah campuran betawi dan sunda. Gulai udang ini sangat mudah untuk dimasak, tidak memiliki kesulitan yang terlalu tinggi bagi anda yang baru mulai belajar memasak.

Bahan-bahan
1 kg Udang berukuran sedang, dibelah bagian punggungnya, dibuang sungutnya dan dibersihkan tanpa membuang bagian kulit dan kepalanya
3 bh kentang, dipotong bagi empat
750 ml santan dari 1 buah kelapa
1 lembar daun kunyit
3 lembar daun jeruk
1 bh lengkuas besar, dikeprak
2 sendok cabe giling halus, digiling sampai semua bijinya halus
500 ml air
garam secukupnya

Bahan yang dihaluskan
20 siung bawang merah
3 siung bawang putih
1 bh batang serai sebesar 2 ruas buku jari telunjuk, diiris tipis
2 cm kunyit
2 cm jahe

Cara membuat
Panaskan santan, diaduk terus hingga mendidih. Masukkan daun kunyit, daun jeruk, lengkuas, bumbu halus, cabe dan garam kedalam santan yang sudah mendidih tersebut sambil terus diaduk. Kemudian masukkan kentang, setelah kentang mulai setengah matang baru dimasukkan udang, masak sampai kuah santan matang dan berminyak. Jika kekurangan air tambahkan air sedikit demi sedikit. Masak dengan api sedang. Gulai udang siap disajikan. Gulai udang akan lebih nikmat jika disantap dengan nasi putih, tempe goreng dan sayur kangkung. Selamat mencoba.

Share this article :


Copyright @ 2013 Choco Tells All. Designed by Templateism | MyBloggerLab

Instagram

Instagram

Translate

Search Articles in Blog Choco

Visit Our Sponsors

alt/text gambar alt/text gambar alt/text gambar alt/text gambar