6 Kebiasaan yang Bisa Membunuh Inteligensi Anda

Selasa, 11 November 2014

Taukah anda bahwa gaya hidup, cara berpikir dan cara anda memandang diri anda sendiri bisa mempengaruhi turun atau naiknya tingkat intelegensi anda? meskipun agak sulit dipercaya tetapi pada kenyataannya hal itu memang benar. meskipun hal ini tidak akan sampai membunuh anda, kebiasaan-kebiasaan ini bukan hanya akan mempengaruhi intelegensia anda tetapi juga akan menghentikan anda untuk menyelesaikan sesuatu hal atau mencapai tujuan yang sudah anda rencanakan untuk diri anda sendiri. Inilah kebiasaan-kebiasaan yang dapat membelenggu anda dan berkemungkinan akan membuat anda memilih pilihan ataupun keputusan yang buruk.


Tidak Menciptakan dan hanya mengevaluasi
 
Sangat tidak mungkin bagi anda untuk pergi ke belakang dan kedepan dalam waktu bersamaan, juga tidak mungkin untuk naik ke atas dan turun ke bawah dalam waktu yang sama, hal yang sama juga terjadi pada pikiran anda. Ketika anda sedang berusaha untuk menciptakan sesuatu, dan mengevaluasi kesuksesan anda dalam satu waktu bersamaan, anda tidak akan pernah bisa menjalankan pekerjaan anda.

Pertama-tama anda harus tahu apa yang ada ingin ciptakan, bagaimana cara kerjanya dan buatlah perencanaannya, setelah perencanaan dibuat dan diimplementasikan, anda baru bisa untuk mengevaluasi bagaimana pekerjaan ini berjalan dalam segala situasi. Berikan waktu, dan jangan mencoba dua pekerjaan sekaligus.

Anda Berpikir Anda Ahlinya

Sok ahli adalah kebiasaan lain yang dimiliki manusia, yang bisa membunuh kecerdasan anda. Saat anda percaya bahwa anda telah menjadi ahli di segala hal, anda akan berhenti untuk belajar. Anda tidak akan pernah bisa untuk mendengarkan seseorang, dan belajar dari pengalamannya.

Ini pada kenyataannya akan menciptakan kemunduran pada anda, dan akan menghambat kecerdasan anda. Terbukalah pada kenyataan bahwa anda tidak mengetahui segalanya dan setiap orang bisa membantu anda untuk belajar sesuatu yang baru. hal ini bukan hanya akan membantu anda mendapatkan pengalaman baru, tetapi juga akan mengurangi ketidakpedulian anda kepada orang lain.

Rasa Takut

Jika anda selalu merasa takut anda akan gagal, anda tidak akan pernah mencoba hal yang baru. Anda akan merasakan gagal lebih dari sekali, khususnya untuk yang anda belum pernah melakukan apapun sebelumnya. Tapi jika anda belum pernah mencoba atau belum pernah berusaha untuk belajar sesuatu yang baru sama sekali karena anda takut, anda juga akan gagal, anda tidak akan pernah menjadi lebih baik dan tidak akan pernah belajar hal-hal baru. Jadi, anda harus berusaha untuk menghilangkan rasa takut, dan menerima kenyataan bahwa anda juga akan bisa merasakan gagal pada setiap hal-hal baru yang anda coba lakukan.

Kurang Percaya Diri

Hal ini berkesinambungan dengan rasa takut untuk gagal. Jika anda selalu percaya bahwa anda akan selalu mengacaukan segalanya, dan tidak punya kepercayaan diri terhadap segala hal yang kamu lakukan, kamu tidak akan pernah belajar dan berkembang. Memiliki kepercayaan pada diri sendiri, bahkan jika anda melakukan kesalahan, menghantarkan anda untuk bisa belajar dan berkembang, dan juga dapat menghantarkan anda untuk terus maju. Ini akan membantu anda untuk membangun kecerdasan dan membawa anda untuk belajar hal yang baru dan juga pengalaman baru dalam hidup.

Menciptakan Batasan

Meskipun anda memiliki beberapa batasan tertentu seperti: keuangan dll, ketika anda menciptakan batasan yang salah, anda menghambat kecerdasan dan kemampuan anda untuk belajar. Ketika anda menempatkan hambatan menjadi penghalang bagi anda, padahal masalah yang sebenarnya tidak benar-benar ada, anda tidak akan pernah mencoba apapun. Ini tidak hanya membunuh kecerdasan anda tetapi juga menghentikan anda untuk mencoba sesuatu yang baru, dan belajar sesuatu yang baru yang akan membentuk anda menjadi orang yang lebih baik, dan berkemungkinan akan membuat anda menjadi orang yang sukses. Jadi, buang semua batasan-batasan yang tidak penting karena hal itu hanya tercipta pada pikiran anda saja.

Minum Minuman Beralkohol

Meskipun hal ini merupakan hal yang bisa dinikmati oleh para penggemarnya, minuman beralkohol memang bisa menjadi penghambat kecerdasan anda dan kemampuan untuk memahami suatu masalah. Jadi, minum minuman beralkohol sekali waktu tidak akan membunuh semua sel di otak anda, tetapi anda harus tahu bahwa minuman beralkohol (dan narkoba), akan menghambat dan membunuh sel-sel otak anda, menyebabkan anda semakin sulit untuk mempelajari hal-hal baru. Jadi, jika anda memang penikmat minuman beralkohol, anda sebaiknya melakukannya dengan tidak bersungguh-sungguh dan sebaiknya dilakukan dengan sangat jarang, untuk memastikan bahwa anda tidak akan menyebabkan kerusakan pada otak anda, dan kemungkinan-kemungkinan terjadinya masalah pada kemampuan anda dikemudian hari untuk dapat mempelajari hal-hal baru dan memperluas pengetahuan anda.

disadur kembali dari artikel Lifezap
Share this article :


Copyright @ 2013 Choco Tells All. Designed by Templateism | MyBloggerLab

Instagram

Instagram

Translate

Search Articles in Blog Choco

Visit Our Sponsors

alt/text gambar alt/text gambar alt/text gambar alt/text gambar