5 Tanda Bahwa Anda Di Bully di Tempat Kerja

Rabu, 05 November 2014
Kehidupan sosial di tempat kerja sangatlah kompleks. Anda harus menjadi friendly dan sekaligus juga harus disukai oleh rekan-rekan sekantor anda. Anda juga ingin boss anda menyukai anda tanpa memberikan kesan kepada teman-teman sekantor bahwa anda tidak sedang "menjilat" boss anda. Anda juga sering menghadapi perbedaan usia dan budaya yang berbeda teman-teman sekantor anda dan tetap harus menyelesaikan semua pekerjaan yang ditugaskan kepada anda, karena anda ingin mempertahankan pekerjaan anda tanpa menyebabkan masalah.

Nasihat terbaik adalah tetaplah membumi dan lakukan pekerjaan dengan baik.

Tapi, saat anda harus bekerjasama dengan orang-orang yang "menyebalkan" keadaan akan menjadi sangat menekan dan membingungkan. Orang-orang yang sering di bully oleh teman sejawatnya akan sangat sulit menyadari apa yang terjadi. Itu semua karena mereka berharap untuk tidak mempercayainya bahwa mereka sedang di bully. Kebanyakan orang yang mengalami ini biasanya hanya berdiam diri tanpa bisa berbuat apa-apa atau mereka tidak menyadari situasi bahwa mereka sedang di bully oleh rekan sekantornya.

Namun keadaan ini adalah hal yang biasa, menurut studi di Amerika oleh Workplace Bullying Institute pada tahun 2014. Menurut mereka, 1 dari 4 pekerja Amerika di bully pada saat tertentu. Peningkatan stress juga akan berdampak pada kesehatan, selama ini studi yang dilakukan telah mendeteksi adanya peningkatan depresi, kekhawatiran yang berlebihan dan juga izin sakit karyawan.

Apakah ini juga terjadi pada anda? Tandai 5 hal bahwa anda sedang di bully dan apa yang harus dilakukan

Boss anda menganggap terlalu serius pekerjaannya
Jika anda di bully, kesempatan yang paling besar untuk bisa membully anda datang dari boss anda. Studi menunjukkan lebih dari setengah orang yang bekerja menunjuk atasan mereka sebagai orang yang menyebabkan masalah bagi mereka. Seorang pekerja pernah mengatakan bahwa atasan nya berteriak padanya mengatakan "Aku ini Tuhanmu, dan saat kamu berada disini (kantor) kamu harus melakukan apa yang aku perintahkan".  Berbicara mengenai ruang lingkup pekerjaan yang mengintimidasi, saat semua hal tidak berada pada tempatnya dan tidak sepantasnya, akan berujung pada prilaku disorientasi.

Sadari pola pembully
Saat anda di bully, kunci untuk mengetahuinya adalah bahwa kejadian ini tidak terjadi pada satu waktu tetapi terus menerus dan berulang. Ini lebih dari pada seseorang yang memarahi anda pada saat harinya sedang jelek, hal ini akan berlangsung terus menerus sampai pada titik anda tidak bisa memahaminya lagi. Ini dilakukan secara sistematis, inilah cara kerjanya.

Anda mendengar rekan kerja berbisik saat jam istirahat
Gosip adalah senjata yang bisa digunakan untuk membully anda. Gosip bisa menyebabkan beberapa orang terlibat untuk membully anda. Ini akan menyebabkan anda terisolasi dan anda akan merasa bahwa tidak ada seseorang pun yang mau berada di pihak anda.

Anda sedang terjebak dalam konspirasi melawan anda
Contoh lain dari pengeroyokan adalah para pembully bekerjasama untuk membuat anda berada dalam masalah, membuat anda tampak buruk dan mencuri tugas yang di berikan kepada anda. Anda akan merasa sangat terasing dan terisolasi.

Anda sedang diperhatikan
Ini bisa jadi karena ada seseorang yang ingin anda gagal, atau seseorang yang sangat mengatur anda sampai pada tingkat level ekstrim. Contoh cerita bahwa anda sedang diperhatikan, " seorang rekan kerja yang selalu memperhatikan gerak-gerik anda di kantor bahkan berdiri dibelakang anda saat anda bekerja dengan komputer anda. Semua dilakukannya agar dapat menemukan setitik kelemahan yang anda miliki ataupun kesalahan yang bisa menjadi senjata baginya untuk menjatuhkan anda". Jadi untuk melawan ini letakkan bingkai foto di meja anda agar bisa mengawasi orang tersebut melalui refleksi dari kaca untuk memastikan tidak ada seorangpun di belakang anda.

Bagaimana cara menghentikannya
Disamping mendapatkan pekerjaan baru, menyelesaikan masalah ini sampai selesai sangat sulit karena situasi ruang lingkup pekerjaan yang sangat berbeda. Jika permasalahannya adalah atasan anda, penyelesaiannya akan lebih sulit lagi. Tapi yang terpenting adalah memahami organisasinya dan pergerakan dalam tempat kerja, jadi anda tahu siapa yang bisa dipercaya.

Hal yang paling penting yang bisa anda lakukan untuk menyelesaikan masalah adalah berbicara dengan orang yang bisa anda percaya. Memiliki seseorang yang bisa dipercaya sebagai tempat bertanya dan dapat menjadi pendengar untuk anda bisa membantu anda untuk mendapatkan cerita yang sebenarnya. Hal ini akan menjadi bantuan yang sangat hebat untuk masalah anda karena seberapa jelas seseorang menyampaikan cerita akan berdampak pada mereka untuk mempercayainya.

Setelah anda melakukan segalanya, akan baik jika anda dapat menemukan dan menyimpan dokumentasi apa saja. Membuat catatan penting kejadian perusahaan sesegera mungkin, simpan e-mail dan temukan rekan kerja yang bisa membantu dan mendukung anda. Salah seorang pekerja menceritakan bagaimana seorang atasan mereka yang memanipulasi beberapa orang dikantor untuk saling membenci (menggunakan gosip dan tekhnik jahat lainnya). Satu kali mereka menyadari itu, mereka saling bekerjasama dan membuat atasan itu dipecat. Ini adalah masalah yang berat untuk diselesaikan, tetapi tidak ada hal yang tidak bisa anda lakukan.

sumber : Health Magazine

Share this article :


Copyright @ 2013 Choco Tells All. Designed by Templateism | MyBloggerLab

Instagram

Instagram

Translate

Search Articles in Blog Choco

Visit Our Sponsors

alt/text gambar alt/text gambar alt/text gambar alt/text gambar