Mitos Dan Fakta Tentang Jerawat part 1

Kamis, 12 Februari 2015
Hallooooowwww.....udah lama banget deh aku nggak nulis di Choco Tells All, maklumlah kemarin-kemarin aku liburan panjaaaaanng banget. So mari kita mulai aja ya. Kali ini kita akan membahas masalah jerawat yang beberapa bulan lalu aku alami dan susaaah banget untuk membasminya, akibat dari aktifitas outdoorku yang sangat tinggi dan asupan makanan yang tidak terkontrol pada saat liburan. Akhirnya aku menemukan cara yang tepat dan alami untuk membunuh jerawat ini. But, I'm a little bit spotty right now akibat dari bekas jerawat yang belum hilang. Sebelum kita mengatasi jerawatnya, kita harus tahu terlebih dahulu seluk beluk dari jerawat dan beberapa mitos yang berkembang mengenai jerawat. Yuuk kita kenali mitos dan faktanya satu persatu

Mitos: Pola Makan Tidak Ada Hubungannya Dengan Jerawat

Empat puluh tahun yang lalu ada penelitian yang menemukan bahwa coklat tidak ada hubungannya dengan jerawat. Penemuan ini sangat terkenal sehingga penelitiannya dihentikan. Pada saat ini penelitian kembali dilanjutkan dan menemukan bahwa pola makan kita erat hubungannya dengan timbulnya jerawat. Makanan-makanan yang mengandung kadar gula tinggi, makanan berkarbohidrat, maupun makanan yang mengandung susu dapat meningkatkan resiko berjerawat.
Semua itu dikarenakan makanan yang berkadar karbohidrat atau gula tinggi dapat meningkatkan kadar insulin dalam darah, dan akibatnya meningkatkan produksi sebum yang akan menyumbat pori-pori. Sedangkan susu memiliki indeks glycemic yang tinggi yang dapat meningkatkan kadar kortisol dalam darah yang hanya akan memperparah jerawat.

Mitos: Jerawat Adalah Masalah Remaja yang Mengalami Pubertas

Pada masa sekarang ada 50% pria dan 25 % wanita dewasa yang memiliki jerawat. Disebabkan oleh berbagai hal termasuk hormon yang sama yang sering kita salahkan pada masa puber dulu, yang dapat meningkatkan produksi minyak pada wajah, sangat biasa pula bagi pria atau wanita yang pernah mengalami jerawatan pada masa pubernya juga akan mengalami hal yang serupa pada saat dewasanya. Dan good news nya adalah cara pengobatannya pun sama dengan cara pengobatan pada saat kita masih puber.

Mitos: Sunscreen dapat Menyumbat Pori-Pori

Yang perlu diketahui mengenai sunscreen adalah bahwa sunscreen memiliki 2 kategori yaitu sunscreen yang menyerap sinar UV biasanya mengandung oxybenzone dan ovibenzone, dan yang kedua sunscreen yang memantulkan sinar UV yang mengandung titanium dioxide dan zinc oxide. Jenis sunscreen yang pertama dapat mengiritasi kulit, menyebabkan inflamasi dan timbulnya jerawat, sedangkan jenis sunscreen yang kedua biasanya dapat membantu penyembuhan jerawat. Jadi perhatikan label ingredients yang tertera di belakang botolnya.

Mitos: Memencet Jerawat

Jika anda mencari pendapat mengenai jerawat, sebagian besar nasihat adalah untuk membiarkan jerawat dan jangan dipencet. Pada dasarnya nasihat ini benar walaupun bukan berdasarkan atas penelitian medis. Memencet jerawat yang belum memiliki warna kuning atau putih di tengahnya akan membuat jerawat semakin parah dan menimbulkan bekas yang sulit untuk dihilangkan. Memencet jerawat diperbolehkan apabila telah ada indikasi warna kuning atau putih di tengahnya seperti nanah. Hal ini malah akan mematikan infeksi dan membantu mempercepat pemulihan radang pada jerawat. Namun memencet jerawat yang benar ada caranya, jika salah maka hanya akan memperburuk jerawat dan kemungkinan akan meninggalkan bekas yang sulit dihilangkan.

Baca juga: Cara Memencet Jerawat yang Benar

Mitos: Menyentuh Wajah akan Memindahkan Bakteri Jerawat dan Menyebabkan Jerawat Lainnya Tumbuh

Jerawat terjadi karena bakteri yang berada jauh di dalam kulit (Propionibacterium acnes) bukan bakteri yang berada pada permukaan kulit. Alasan yang benar untuk tetap menjaga permukaan kulit tidak tersentuh adalah karena menggangu jerawat dapat mengiritasi jerawat dan memperparah jerawat, bukan karena dapat memindahkan bakteri jerawat ke permukaan kulit.

Mitos: Stress Dapat Menyebabkan Jerawat

Stress dapat mempengaruhi hormon dan secara teoritis dapat menimbulkan jerawat. Tetapi hal yang terpenting adalah bagaimana kita menjaga kebersihan kulit dan merawat kulit. Mungkin jerawat adalah salah satu efek samping stress namun stress itu sendiri bukanlah hal yang luar biasa untuk dapat disalahkan sebagai penyebabnya.

Mitos: Pasta Gigi Dapat Menyembuhkan Jerawat

Pasta gigi mengandung baking soda, hydrogen peroxide, alkohol. menthol, minyak esensial, dan triclosan yang memang bisa untuk membunuh jerawat. Tetapi efek samping dari penggunaan pasta gigi ini adalah iritasi dan kulit kemerahan. Dari pada mengalami resiko seperti itu lebih baik menggunakan produk khusus jerawat yang mengandung benzoyl peroxide yang dapat membunuh bakteri dan salicylic acid yang dapat membuka pori-pori.

Mitos: Matahari Membuat Jerawat Cepat Sembuh

Paparan sinar matahari mungkin saja dapat mengurangi peradangan jerawat pada tubuh, tapi tetaplah untuk menghindari paparan matahari secara langsung karena sinar matahari dapat menghancurkan kolagen pada kulit dan protein yang membuat kulit menjadi lembut dan awet muda. Ketika kolagen anda rusak, pori-pori pada permukaan kulit anda akan mengendur dan terbuka. Hal ini akan menyebabkan komedo, beberapa komedo mungkin akan ada selamanya. Juga kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari akan membuat kulit sulit untuk memperbaiki diri dan akan meningkatkan resiko bekas jerawat yang sulit untuk dihilangkan.

Mitos: Jerawat Timbul Karena Anda Tidak Mencuci Muka Sesering Mungkin

Mencuci muka sesering mungkin hanya akan memperburuk masalah jerawat. Ketika mencuci muka secara berlebihan, anda menghabiskan kandungan minyak alami pada kulit. Hal ini menyebabkan kulit menjadi dehidrasi dan membuat kulit memproduksi minyak lebih banyak lagi yang dapat menutup pori-pori dan memperparah keadaan jerawat.
Gunakan di pagi hari sabun cuci muka yang mengandung benzoyl peroxide, kemudian dilanjutkan dengan toner yang mengandung salicylic acid, dan olesi wajah dengan pelembab. Pada malam hari gunakan sabun cuci muka yang lembut dan gunakan krim yang mengandung retinol. Tidak perlu menggunakan benzoyl peroxide dan salicylic acid lagi.

Mitos Dan Fakta Tentang Jerawat Part 2


Dari berbagai sumber
Share this article :


Copyright @ 2013 Choco Tells All. Designed by Templateism | MyBloggerLab

Instagram

Instagram

Translate

Search Articles in Blog Choco

Visit Our Sponsors

alt/text gambar alt/text gambar alt/text gambar alt/text gambar